A. DEFINISI MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIK
Grafik dapat di defenisikan sebagai penyajian data berangka, suatu tabel gambar yang dapat mempunyai nilai informasi yang sangat berfaedah, namun dari grafik yang menggambarkan intisari informasi sekilas akan lebih efektif,grafik merupakan keterpaduan yang lebih menarik dari sejumlah tabulasi data yang tersusun dengan baik, tujuan menciptakan grafik ialah untuk memperhatikan perbandingan, informasi kwalitatif dengan cepat serta sederhana. Ada beberapa macam grafik, dan yang paling umum di gunakan ialah grafik-grafik garis, batang,lingkaran,atau piring dan grafik bergambar.
Grafik ialah suatu grafis yang memakai titik-titik atau garis untuk memberikan informasi statistic yang saling bekerjasama (R.Warsito).
Dengan berasumsi pada pengertian grafik tersebut, dalam proses mencar ilmu mengajar, grafik memiliki fungsi untuk memberikan perbandingan informasi kualitas-kualitas maupun kuantitas dengan cepat dan sederhana, terutama pada penyajian secara statistic.
B. JENIS MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIK
a. Grafik garis
Grafik garis ialah yang paling sempurna dari semua jenis grafik, terutama dalam melukiskan kecendrungan-kecendrungan atau menghubungkan dua rangkaian kata. Sejumlah variasi dan kombinasi dari grafik garis sanggup dilukiskan, termasuk bayangan permukaan grafik dari aneka macam bentuk. Gambar.
b. Grafik batang
Grafik batang mungkin yang paling sederhana daripada semua grafik, grafik batang paling bermanfaat bilamana sejumlah nilai yang akan di bandingkan relative sedikit, pada lazimnya grafik ini dibentuk dengan memakai batang sebagai citra kelompok data secara vertical dan horizontal. Tinggi atau panjang batang melukiskan ukuran besarnya presentase data yang di wakilinya.
c. Grafik bulat atau piring
Bilamana guru sanggup menjelaskan dan memperkenalkan ihwal pecahan, maka garafik lingkatran lebih tepat di gunakan, grafik bulat atau grafik piring ialah bulat sektor-sektor yang di gunakan untuk memakai bab suatu keseluruhan, sebagai rujukan berikut ini adalah grafik yang memvisualisasikan pecahan dalam bentuk tengahan, pertigaan dan perempatan. Ada dua ciri grafik bulat yaitu: 1) Grafik itu selalu menunjukkkan jumlah atau keseluruhan jumlah. 2) Bagian-bagiannya atau segmennya di hitung dalam presentase atau bagian-bagian pecahan keseluruhan.
C. KELEBIHAN MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIK
· Bermanfaat untuk mempelajari data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannya
· Grafis memungkinkan kita dengan cepat mengadakan analisis interprestasi dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah pertumbuhan dan arah
· Penyajian dari data grafik: jelas,cepat, menarik, ringkas dan logis.
D. KEKURANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GRAFIK