MAKALAH TAX AMNESTY 2017
BAB I PENDAHULUAN
Kita tahu bahwa pembangunan nasional yang berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan selama ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Namun, untuk merealisasikan tujuan tersebut diharapkan suatu anggaran pembangunan yang cukup besar. Salah satu perjuangan untuk mewujudkan peningkatan penerimaan untuk pembangunan tersebut yaitu dengan menggali sumber dana yang berasal dari dalam negeri, yaitu pajak. Pajak merupakan sumber penerimaan yang mayoritas dalam struktur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hampir 70 persen penerimaan berasal dari sektor pajak. Karena itu untuk mencapai sasaran penerimaan negara dari sektor perpajakan dibutuhkan upaya-upaya yang nyata, serta mengimplementasikan dalam bentuk kebijakan pemerintah. Salah satunya yaitu tax amnesty atau pengampunan pajak. Kebijakan ini diharapkan sanggup meningkatkan subyek pajak maupun obyek pajak.Subyek pajak sanggup berupa kembalinya dana-dana yang berada di luar negeri, sedangkan dari sisi obyek pajak berupa penambahan jumlah wajib pajak.
Sebenarnya Indonesia pernah menerapkan amnesti pajak pada 1984. Namun pelaksanaannya tidak efektif alasannya yaitu wajib pajak kurang merespons dantidak diikuti dengan reformasi sistem manajemen perpajakan secara menyeluruh.Pengampunan pajak diharapkan menghasilkan penerimaan pajak yang selama ini belum atau kurang bayar, disamping meningkatkan kepatuhan membayar pajak alasannya yaitu makin efektifnya pengawasan, didukung semakin akuratnya warta mengenai daftar kekayaan wajib pajak.
1.2 Rumusan Masalah
1. Mengapa perlu dilakukan tax amnesty?
2. Bagaimana dampak tax amnesty bagi keberhasilan pembangunan nasional?
1.3 Tujuan Penulisan
1. Mengetahui perihal tax amnesty.
2. Mengetahui dampak tax amnesty bagi keberhasilan pembangunan nasional.
1.4 Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan makalah ini yaitu :
1. Bermanfaat sebagai suatu proses berguru untuk mengetahui perihal aspek perpajakan dalam rangka Tax Amnesty.
2. Bermanfaat untuk Mengetahui masalah-masalah yang timbul dalam penerapan kebijakan Tax Amnesty di Indonesia.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Pajak
Menurut UU No. 28 Tahun 2007 Pajak yaitu bantuan wajib kepada Negara yang terutang oleh orang pribadi atau tubuh yang bersifat memaksa menurut undang – undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung.
2.2 Pengampunan Pajak (Tax Amnesty)
Menurut UU Tax Amnesty No 11 tahun 2016 Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) yaitu pengampunan atau pengurangan pajak terhadap property yang dimiliki oleh perusahaan dalam bentuk peniadaan pajak terutang, peniadaan hukuman pajak terutang, peniadaan hukuman pidana tertentu yang harus diharuskan membayar dengan uang tebusan. Pengampunan pajak ini bukan hanya properti yang disimpan di luar negeri tetapi juga berasal dari dalam negeri yang laporannya tidak diberikan secara benar.
2.3 Wajib Pajak
Menurut UU Tax Amnesty No 11 tahun 2016 wajib pajak yaitu Wajib Pajak yaitu orang pribadi atau tubuh yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan. Secara umum, setiap wajib pajak yang belum menunaikan kewajiban perpajakannya diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam jadwal tax amnesty. Artinya, jadwal tax amnesty ini ditujukan kepada wajib pajak yang telah berada dalam sistem manajemen perpajakan dan wajib pajak yang belum masuk dalam sistem manajemen perpajakan. Perlakuan yang berbeda dimungkinkan ketika wajib pajak yang hendak berpartisipasi dalam jadwal tax amnesty telah diperiksa atau sedang dalam proses pemeriksaan. Dalam hal ini, wajib pajak yang telah diperiksa atau sedang dalam proses investigasi tersebut tidak diperbolehkan berpartisipasi dalam jadwal tax amnesty alasannya yaitu jumlah tunggakan pajaknya telah diketahui oleh otoritas pajak. Wajib pajak juga sanggup diberikan pengampunan kalau ketentuan peraturan perundang-undangan menyatakan wajib pajak yang mengungkapkan kewajiban perpajakan atau harta kekayaannya secara sukarela berhak mendapatkan penurunan atau peniadaan hukuman administrasi.
2.4 Pembangunan
Pembangunan (development) yaitu proses perubahan yang meliputi seluruh system sosial, ibarat politik, ekonomi, infrastruktur, pertahanan, pendidikan dan teknologi, kelembagaan, dan budaya (Alexander 1994).
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Perlunya Tax Amnesty3.1.1 Kelebihan Tax Amnesty
a. Sumber daya yang dimiliki pada instansi aparatur pajak ketika ini sudah memadai yang sanggup mendukung diberlakukannya penerapan tax amnesty. Demikian juga infrastruktur pendukung lainnya.
b. Bila kebijakan perpajakan ibarat tax amnesty diterapkan maka akan membuat kerelaan masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi Wajib Pajak dan menunaikan kewajiban perpajakannya ibarat yang dilakukan pemerintah sebelumnya dengan sunset policy (kebijakan pertolongan kemudahan perpajakan) maupun pemebebasan pajak fiskal bagi warga negara Indonesia yang hendak bepergian ke luar negeri dengan syarat mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak.
c. Kondisi ekonomi nasional ketika ini relatif stabil dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen. Hal ini sanggup menjamin pemberlakuan tax amnesty.
d. Program ini sanggup meningkatkan dana-dana masuk ke Indonesia yang cukup banyak di simpan di luar negeri. Di samping itu, dana-dana yang selama ini diparkir di luar negeri sanggup kembali masuk ke tanah air bila pemerintah secepatnya menerapkan pengampunan pajak.
e. Tax amnesty sanggup besar lengan berkuasa positif bagi pasar uang pada Bursa Efek Indonesia. Bila kebijakan ini diterapkan maka mempunyai potensi terjadi penambahan emiten gres alasannya yaitu perusahaan-perusahaan tidak perlu khawatir atas permasalahan pajak yang telah lewat. Karena dilema perpajakan merupakan salah satu faktor yang dianggap memberatkan bagi calon emiten untuk mengubah status perushaaannya menjadi perusahaan terbuka
f. pemerintah sanggup mengkonsentrasikan atau memfokuskan pada upaya pemberantasan korupsi. Demikian juga dengan diimplementasikan tax amnesty maka asset recovery nya lebih gampang alasannya yaitu tidak perlu melaksanakan penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan proses aturan lainnya untuk mengambil asset koruptor. Asset recovery yaitu perbandingan antara jumlah kerugian negara yang didakwakan dengan penyitaan asset atau pengembalian asset korupsi. Selama ini persentase asset recovery masih relatif kecil. Persentase asset recovery sanggup dijadikan teladan penentuan tarif tax amnesty
3.1.2 Kekurangan Tax Amnesty
a. Tidak mempunyai payung aturan yang sanggup menjadi landasan aturan implementasi tax amnesty yang sanggup menunjukkan aturan jelas. Hal ini akan menambah keraguan bagi wajib pajak dan calon wajib pajak.Namun apabila implementasi tax amnesty akan diterapkan maka berartiharus di buat terlebih dahulu peraturan perpajakan (undang-undang)yang mengatur perihal hal itu. Hal in tentu saja akan memakan waktu yang lebih usang alasannya yaitu tentu saja harus menerima persetujuan dari dewan perwakilan rakyat (Dewan Pertimbangan Rakyat).
b. Dianggap mencederai asas keadilan
Tax amnesty dianggap mencederai keadilan bagi masyarakat yang selama ini patuh membayar pajak. Apalagi pada tahun 1964 dan 1984, tax amnesty berjalan tidak efektif alasannya yaitu minimnya ketersediaan data perpajakan. Tidak ada lengkapnya basis data perpajakan membuka kemungkinan petugas pajak untuk mendeteksi kekayaan yang tak dilaporkan. Pengemplang pajak pun tak perlu khawatir akan tertangkap. Terlebih, kekayaan yang tidak dilaporkan pada umumnya berada di luar negeri sehingga benar-benar jauh dari jangkauan petugas pajak.
c. Tax Amnesty dikhawatirkan tidak akan berjalan secara konsisten.
Banyak yang menilai kalau kekurangan penerimaan pajak tidak hanya sanggup diselesaikan dengan kebijakan pengampunan pajak tersebut. Belum adanya kejelasan mengenai kewajiban bagi wajib pajak untuk menempatkan kekayaannya di dalam negeri, besar kemungkinan individu-individu yang meminta pengampunan pajak akan menyembunyikan kembali kekayaan mereka di luar negeri ketika manfaattax amnesty tak lagi diberikan.
d. Tax Amnesty Hanya Beri "Karpet Merah" bagi Koruptor
Tax Amnesty dalam RAPBNP 2016 dianggap sebagian orang bukan untuk kepentingan masyarakat. Mereka menilai, tax amnesty hanya untuk kepentingan pengusaha yang mempunyai dana besar di luar negeri. Pengampunan pajak hanya akan menjadi karpet merah untuk koruptor dan konglomerat yang menerima laba di Indonesia. Menurut mereka, tax amnesty hanya dijadikan bahasa kampanye oleh politisi untuk memuluskan proyek-proyek swasta.
3.1.3 Peluang dan Tantangan Implementasi Tax Amnesty di Indonesia
Ada beberapa langkah yang ditempuh pemerintah Indonesia khususnya Direktorat Jenderal Pajak guna meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak, antara lain melaksanakan jadwal Sensus Pajak Nasional. Selain itu melaksanakan penyempurnaan peraturan untuk menangani tindakan penghindaran pajak (tax avoidance), tindakan penggelapan pajak melalui transfer pricing, dan pengenaan pajak final. Selain itu salah satu bentuk upaya atau penemuan lain dalam system perpajakan yang mempunyai kegunaan meningkatkan penerimaan pajak tanpa menambah beban baik jenis pajak gres maupun persentase pajak yang sudah ada kepada masyarakat, dunia perjuangan dan para pekerja yaitu melalui jadwal tax amnesty. Salah satu tujuan pengampunan pajak ini diharapkan sanggup mengurangi gambaran negatif pada pegawanegeri perpajakan yang selalu dipersepsikan selalu bersikap adikara dan harus selalu dihindari, berkembang menjadi korelasi yang lebih “friendly.” Pada dasarnya penemuan atau upaya ini sanggup diterapkan di Indonesia. Keunggulan yang diharapkan bila kebijakan tax amnesty diimplementasikan yaitu akan sanggup mendorong masuknya dana-danadari luar negeri yang dalam jangka panjang sanggup digunakan sebagai pendorong investasi yang pada gilirannya bermanfaat untuk menstimulasi perekonomian nasional.
Di sisi lain kelemahannya bila diterapkan pengampunan pajak yaitu tidak serta merta menjamin peningkatan kinerja setoran pajak ke kas negara. Hal ini sanggup sebaliknya berpotensi terjadinya penyelewengan,manipulasi dan tindakan moral hazard lainnya. Para pengusaha yang memperoleh pemutihan pajak akan melaksanakan penggelapan kewajiban pajaknya. Kecuali bila diberlakukan pengampunan pajak bersyarat.Contohnya pengampunan pajak bersyarat, wajib pajak harus transparan terhadap aset-aset dan penghasilan mereka. Hal ini guna menghindari kekeliruan yang sama tahun 1984 tidak terulang kembali yaitu minimnya susukan warta terhadap masyarakat dan minimnya keterbukaan/transparansi serta sosialisasi kebijakan ini.
3.2 Peran Tax Amnesti Untuk Pembangunan Nasional
3.2.1 Tax Amnesty Bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)
Seperti yang sudah kita ketahui, Tax Amnesty atau pengampunan pajak juga berlaku untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yaitu pelaku perjuangan yang beromzet hingga dengan Rp 4,8 miliar pada tahun pajak terakhir. Dan tarif yang diberlakukan untuk UMKM ini berbeda dengan pelaku perjuangan yang mempunyai omzet lebih dari 4,8 miliar.
Seperti yang dinyatakan dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 118/PMK.03/2016 pada pasal 11 ayat (1) dan (2) Wajib Pajak yang mempunyai kriterian sebagai UMKM yaitu yang mempunyai peredaran perjuangan hanya bersumber dari penghasilan atas kegiatan perjuangan dan tidak mendapatkan penghasilan dari pekerjaan dalam korelasi kerja dan/atau pekerjaan bebas. Pekerjaan Bebas yang dimaksud merupakan pekerjaan yang dilakukan oelh orang pribadi yang mempunyai keahlian khusus sebagai perjuangan untuk memperoleh penghasilan yang tidak terikat oleh suatu korelasi kerja, antara lain dokter, notaries, akuntan, arsitek atau pengacara.
Tarif untuk kategori UMKM ini sanggup kita bagi dua, kategori pertama yaitu UMKM Bagi pelaku perjuangan yang melaporkan harta dengan nilai harta hingga dengan Rp 10 miliar maka akan dikenakan tarif tebusan pajak sebesar 0,5%.
Kategori kedua, bagi pelaku UMKM yang melaporkan harta lebih dari Rp 10 miliar akan dikenakan tarif tebusan 2%. Dan tarif yang diperlakukan untuk UMKM ini berlaku semenjak awal hingga berakhirnya Tax Amnesty yaitu 31 Maret 2017 tidak ibarat tarif yang diperuntukan kepada pengusaha yang mempunyai omzet lebih dari 4,8 miliar. Hal ini diatur dalam Undang-undang Pengampunan Pajak Nomor 11 Tahun 2016 di dalam pasal 4 ayat (3). Ketentuan tarif ini dibentuk guna membantu UMKM yang ingin memanfaatkan Tax Amnesty.
Untuk persyaratan Tax Amnesty itu sendiri diatur di dalam Undang-undang Pengampunan Pajak Nomor 11 tahun 2016 pasal 9 ayat (5) dinyatakan bahwa “Bagi Wajib Pajak yang peredaran usahanya hingga dengan Rp4.800.000.000,00 (empat miliar delapan ratus juta rupiah) pada Tahun Pajak Terakhir, yang ingin memanfaatkan Tax Amnesty ini harus melampirkan bukti pembayaran Uang Tebusan, bukti pelunasan Tunggakan Pajak bagi Wajib Pajak yang mempunyai Tunggakan Pajak, daftar rincian Harta beserta warta kepemilikan Harta yang dilaporkan, daftar Utang serta dokumen pendukung, bukti pelunasan pajak yang tidak atau kurang dibayar atau pajak yang seharusnya tidak dikembalikan bagi Wajib Pajak yang sedang dilakukan investigasi bukti permulaan atau penyidikan, fotokopi SPT PPh Terakhir, dan Wajib Pajak harus melampirkan surat pernyataan tidak mengalihkan Harta ke luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia paling singkat selama jangka waktu 3 (tiga) tahun terhitung semenjak diterbitkannya Surat Keterangan, selain melampirkan dokumen tersebut, Wajib Pajak dimaksud harus melampirkan surat pernyataan mengenai besaran peredaran usaha.
3.2.1 Hubungan Amnesti Pajak dengan Pembangunan
Hampir dalam setiap proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah selalu di dengungkan bahwa proyek yang dibangun didanai dari dana pajak yang telah dikumpulkan dari masyarakat. Untuk itu, diharapkan masyarakat juga menjaga proyek yang ada untuk sanggup digunakan untuk kepentingan bersama. Berkaitan dengan hal tersebut sudah selayaknya apabila setiap individu dalam masyarakat sanggup memahami dan mengerti akan arti dan pentingnya kiprah pajak dalamm kehidupan sehari – hari. Sebagaimana diketahui dalam APBN yang dibentuk oleh pemerintah terdapat tiga sumber penerimaan yang menjadi pokok andalan :
a. Penerimaan dari sektor pajak
b. Penerimaan dari sektor migas (Minyak dan Gas Bumi) ; dan
c. Penerimaan dari sektor bukan pajak.
Dari ketiga sumber penerimaan diatas, penerimaan dari sektor pajak ternyata merupakan sumber penerimaan terbesar negara. Dari tahun ke tahun kita sanggup melihat bahwa penerimaan pajak terus meningkat dan memberi adil yang besar dalam penerimaan negara. Penerimaan dari sektor pajak selalu dikatakan merupakan primadona dalam membiayai pembangunan Nasional. Sedangkan penerimaan dari migas yang dahulu selalu jadi andalan penerimaan negara, kini ini sudah tidak sanggup diharapkan menjadi sumber penerimaan keuangan negara yang terus menerus alasannya yaitu sifatnya yang tidak sanggup diperbaharui (non renewable resources). Penerimaan migas pada suatu waktu akan habis sedangkan dari pajak selalu sanggup diperbaharui sesuai dengan perkembangan ekonomi dan masyarakat itu sendiri.
BAB IV
PENUTUP
4.1 KesimpulanTax Amnesty atau pengampunan pajak merupakan pengampunan atau pengurangan pajak terhadap property yang dimiliki oleh perusahaan dalam bentuk peniadaan pajak terutang, peniadaan hukuman pajak terutang, peniadaan hukuman pidana tertentu yang harus diharuskan membayar dengan uang tebusan. Amnesti pajak sebelumnya pernah diterapkan pada tahun 1984 serta tahun 2004, namun pada ketika itu gagal. Pada tax amnesty kali ini terdapat kebijakan amnesti yang berbeda yaitu dibagi dalam 3 periode.
Adapun kelebihan Tax Amnesty, yaitu: sumber daya yang dimiliki pada instansi aparatur pajak ketika ini sudah memadai yang sanggup mendukung diberlakukannya penerapan tax amnesty. Kedua, membuat kerelaan masyarakat untuk mendaftarkan diri dan menunaikan kewajiban perpajakannya. Ketiga, pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen sanggup menjamin pemberlakuan tax amnesty. Keempat, meningkatkan dana masuk ke Indonesia yang cukup banyak di simpan di luar negeri. Kelima, besar lengan berkuasa positif bagi pasar uang pada bursa imbas indonesia. Kekurangan Tax Amnesty, yaitu : tidak mempunyai payung aturan yang sanggup menjadi landasan aturan implementasi tax amnesty. Dianggap mencederai asas keadilan. Dikhawatirkan tidak akan berjalan secara konsisten. Dan yang terakhir ialah tax amnesty hanya beri celah bagi Koruptor.
4.2 Saran
Penerapan tax amnesty Indonesia ketika ini semestinya lebih ditingkatkan keseriusannya demi menghindari kegagalan ibarat yg terjadi pada 2 periode sebelumnya. Sebaiknya, penerapan amnesty ini lebih dimatangkan lagi dengan diciptakannya payung aturan yang tegas demi mengurangi peluang korupsi.
Daftar Pustaka
1. Sondang P. Siagian. 1985. Administrasi Pembangunan. Jakarta : Bumi Aksara.
2. Mardiasmo.2011. Perpajakan Edisi Revisi. Andi: Yogyakarta.
Baca juga :
Contoh Makalah Hukum Perdata
Makalah Hukum Perbankan Kredit Macet Sumber http://kontenhidup.blogspot.com