Perbedaan Pasar Tradisional Dan Pasar Modern

Pengertian Pasar Tradisional
Pasar tradisional yaitu pasar yang dalam pelaksanaannya bersifat tradisional dan ditandai dengan pembeli serta penjual yang bertemu secara langsung. Proses jual-beli biasanya melalui proses tawar menawar harga, dan harga yang diberikan untuk suatu barang bukan merupakan harga tetap, dalam arti lain masih sanggup ditawar, hal ini sangat berbeda dengan pasar modern. Umumnya, pasar tradisional menyediakan bahan-bahan pokok serta keperluan rumah tangga. Lokasi pasar tradisional sanggup berada ditempat yang terbuka atau bahkan dipingir jalan.

Salah satu ciri khas pasar tradisional beberapa diantaranya memakai tenda-tenda tempat penjual memasarkan dagangannya, serta pembeli yang berjalan hilir pulang kampung untuk menentukan dan menawar barang yang akan dibelinya.

Pengertian Pasar Modern
Pasar modern tidak jauh berbeda dengan pasar tradisional, Hanya saja pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi secara eksklusif pembeli hanya melihat label harga yang tercantum pada barang, yang berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara berdikari atau dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual, yaitu materi kuliner kuliner seperti: buah, sayuran, daging, sebagian besar barang lainnya yang dijual yaitu barang yang sanggup bertahan lama. Kelebihan dari pasar ini yaitu barang yang dijual lebih dijamin kesehatannya dan tempat belanja yang nyaman. 

Sedangkan kekurangan yang dimiliki oleh pasar ini yaitu pembeli tidak sanggup menawar harga barang yang dijual. Contoh dari pasar modern yaitu pasar swalayan (supermarket), dan minimarket.

Berikut beberapa perbedaan antara kedua Pasar Tradisional dan Pasar Moderen antara lain :
  • Jenis-jenis barang yang dijual pada pasar tradisonal terfokus pada kebutuhan sandang-pangan sehari-hari dan kebutuhan primer, sedangkan pasar modern jenis-jenis barang yang di jual yaitu bermacam-macam dari barang-barang premis, subtitusi bahkan ekslusif.
  • Penjual yang beraktifitas dalam pasar modern intinya telah mempunyai pengalaman dalam pengatahuan bisnis sedangkan penjual yang beraktifitas dalam pasar tradisional hanya berharap pada nasib keuntungan
  • Pasar modern memperlihatkan diskon dan freebies sedangkan pasar tredisional tidak ada
  • Pasar modern lebih higienis dari pasar tradisional
  • Pembeli yang tiba pada pasar tradisional pada umumnya masyarakat menengah kebawah dan masyarakat berekonomi rendah. Sedangkan pembeli pada pasar modern umumnya masyarakat menengah ke atas dan masyarakat ekonomi tinggi
  • Pembeli yang tiba pada pasar modern berasal dari masyarakat setempat dan masyarakat luar tempat sedangkan pasar tradisional pembelinya hanya dari masyarakat setempat.
  • Modal yang di milik oleh penjual di pasar modal jumlahnya relative besar sedangkan penjual di pasar tradisional mempunyai modal yang relative rendah
  • Pasar modern tidak sanggup tawar menawar sedangkan pasar tradisional sanggup tawar-menawar
pasar tradisional dan pasar modern ppt gambar pasar tradisional dan pasar modern persaingan pasar tradisional dan pasar modern perkembangan pasar tradisional dan pasar modern imbas pasar tradisional dan pasar modern deskripsi pasar tradisional dan pasar modern penelitian pasar tradisional dan pasar modern pertanyaan pasar tradisional dan pasar modern makalah perbandingan pasar tradisional dan pasar modern uu ihwal pasar tradisional dan pasar modern pasar tradisional dan pasar modern yaitu perbedaan pasar tradisional dan pasar modern yaitu pasar tradisional dan pasar modern berdasarkan para andal arti pasar tradisional dan pasar modern artikel pasar tradisional dan pasar modern analisis pasar tradisional dan pasar modern pasar tradisional dan pasar modern dalam bahasa inggris beda pasar tradisional dan pasar modern perbedaan pasar tradisional dan pasar modern dalam bahasa inggris perbedaan pasar tradisional dan pasar modern dalam bentuk tabel bedanya pasar tradisional dan pasar modern perbedaan pasar tradisional dan pasar modern dan misalnya ciri pasar tradisional dan pasar modern tumpuan pasar tradisional dan pasar modern pasar tradisional dan pasar modern di indonesia persaingan pasar tradisional dan pasar modern di indonesia perbedaan pasar tradisional dan pasar modern dari segi harga definisi pasar tradisional dan pasar modern eksistensi pasar tradisional dan pasar modern fungsi pasar tradisional dan pasar modern fenomena pasar tradisional dan pasar modern hubungan pasar tradisional dan pasar modern keadaan pasar tradisional dan pasar modern kelebihan pasar tradisional dan pasar modern karakteristik pasar tradisional dan pasar modern kesimpulan pasar tradisional dan pasar modern eksistensi pasar tradisional dan pasar modern kelemahan pasar tradisional dan pasar modern laba pasar tradisional dan pasar modern pembagian terstruktur mengenai pasar tradisional dan pasar modern keunggulan pasar tradisional dan pasar modern kliping pasar tradisional dan pasar modern laporan pasar tradisional dan pasar modern pengertian pasar tradisional dan pasar modern berdasarkan para andal makalah pasar tradisional dan pasar modern manfaat pasar tradisional dan pasar modern dilema pasar tradisional dan pasar modern menganalisis pasar tradisional dan pasar modern pasar tradisional dan pasar modern.pdf perbedaan pasar tradisional dan pasar modern pengertian pasar tradisional dan pasar modern persamaan pasar tradisional dan pasar modern skripsi pasar tradisional dan pasar modern sejarah pasar tradisional dan pasar modern struktur pasar tradisional dan pasar modern segmentasi pasar tradisional dan pasar modern teori pasar tradisional dan pasar modern tujuan pasar tradisional dan pasar modern video pasar tradisional dan pasar modern perbedaan pasar tradisional dan pasar modern wikipedia
Share on Google Plus

About Raden

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.