Kutipan

Pengertian Kutipan

Kutipan, sebuah kata yang mungkin semua orang belum mengetahui maksudnya apa. Disini saya akan mengulas sedikit mengenai kutipan. Kutipan ialah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari banyak sekali sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu sanggup diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.
Tujuan:

Dalam goresan pena ilmiah, baik berupa artikel, karya tulis, skripsi, tesis, dan disertasi selalu terdapat kutipan. Kutipan ialah pengokohan argumentasi dalam sebuah karangan. Seorang penulis tidak perlu membuang waktu untuk menilik suatu hal yang sudah dibuktikan kebenarannya oleh penulis lain, penulis cukup mengutip karya orang lain tersebut. Dengan demikian kutipan mempunyai fungsi sebagai:

a. landasan teori
b. penguat pendapat penulis
c. klarifikasi suatu uraian
d. materi bukti untuk menunjang pendapat itu
Berdasarkan fungsi di atas seorang penulis harus memperhatikan hal-hal berikut:
1) penulis mempertimbangkan bahwa kutipan itu perlu
2) penulis bertanggung jawab penuh terhadap ketepatan dan ketelitian kutipan
3) kutipan sanggup terkait dengan inovasi teori
4) jangan terlalu banyak mempergunakan kutipan langsung
5) penulis mempertimbangkan jenis kutipan, kutipan eksklusif atau kutipan tak langsung
6) perhatikan teknik penulisan kutipan dan kaitannya dengan sumber rujukan

Fungsi Kutipan

Kutipan mempunyai fungsi tersendiri. Fungsi dari kutipan ialah sebagai berikut :

1) Menunjukkan kualitas ilmih yang lebih tinggi.
2) Menunjukkan kecermatan yang lebih akurat.
3) Memudahkan evaluasi penggunaan sumber dana.
4) Memudahkan pembedaan data pustaka dan ketergantungan tambahan.
5) Mencegah pengulangan penulisan data pustaka.
6) Meningkatkan estetika penulisan.
7) Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang terkait dengan data pustaka.

Jenis Kutipan
A. Kutipan langsung
Kutipan Langsung ialah kutipan yang sama persis dengan teks aslinya,tidak boleh ada perubahan.Kalau ada hal yang dinilai salah/meragukan,kita beri tanda ( sic! ),yang artinya kita sekedar mengutip sesuai dengan aslinya dan tidak bertanggung jawab atas kesalahan itu.Demikian juga jikalau kita menyesuaikan ejaan,memberi abjad kapital,garis bawah,atau abjad miring,kita perlu menjelaskan hal tersebut, misal [ abjad miring dari pengutip ],[ ejaan diubahsuaikan dengan EYD ],dll. Bila dalam kutipan terdapat abjad atau kata yang salah kemudian dibetulkan oleh pengutip,harus dipakai abjad siku [ ….. ].
Contoh:
• Kesimpulan dari penelitian tersebut ialah “terdapat kecenderungan semakin banyak ’campur tangan’ pimpinan perusahaan samakin rendah tingkat partisipasi karyawan di kawasan perkotaan” (Soebroto, 1990:23).

• “Ada isu pesan singkat yang menyesatkan. Kami akan selediki terus alasannya ialah sumbernya sudah ada,” kata Kepala Bidang (KABID) HUMAS Polda Metro Jaya, Kombes Boy Rafli Amar, di Jakarta, sabtu (6/3).

• “Gerak manipulatif ialah keterampilan yang memerlukan koordinasi antara mata , tangan, atau bab badan lain . . . yang termasuk gerak manipuatif antara lain ialah menangkap bola, menendang bola, dan menggambar” (Asim, 1995:315).
• “Dan di antara insan ada yang mengorbankan dirinya untuk meraih ridha Allah SWT. Dan ialah Allah Maha Penyantun terhadap hamba hamba-Nya”. (Al-Baqarah:207).
• Menurut Gorys Keraf dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (1983:3), argumentasi ialah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mensugesti perilaku dan pendapat orang lain, biar mereka itu percaya dan hasilnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara.

B. Kutipan tidak lansung ( Kutipan Isi )


Dalam kutipan tidak eksklusif kita hanya mengambil intisari pendapat yang kita kutip.Kutipan tidak eksklusif ditulis menyatu dengan teks yang kita buat dan tidak usah diapit tanda petik.Penyebutan sumber sanggup dengan sistem catatan kaki,dapat juga dengan sistem catatan eksklusif ( catatan perut ) ibarat telah dicontohkan.

d. Kutipan pada catatan kaki
e. Kutipan atas ucapan lisan
f. Kutipan dalam kutipan
g. Kutipan eksklusif pada materi


Contoh :
• Alqur’an memerintahkan umat islam biar memakai akalnya dalam mengamati hakikat alam semesta. Perintah semacam itu di antaranya termaktub dalam surrah arrum [30] ayat 22.
• Dalam karangannya, forum tersebut kembali memperjelas bahwa panggalian tersebut hanya beberapa puluh meter dari masjid Al-Aqsha, dan semakin hari penggaliannya akan semakin di tingkatkan hingga mencapai kedalaman 10 meter, hingga ke area masjid Al-Aqsha (Eramuslim.com,16/3/2010).
• Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan tidak ada intervensi dalam pengusutan masalah Bank Century yang diduga terindikasi pelanggaran tindak pidana korupsi (Republika, Ahad 7 Maret 2010 halaman 1 ).
• Banyak sekali pendapat yang mengemukakan definisi prosa, yang termuat dalam banyak sekali macam bentuk rangkaian kata, salah satu diantaranya ”prosa ialah karya sastra yang berupa dongeng bebas. Bentuk pprosa pada umumnya merupakan perpaduan dari monolog dan dialog. Namun, ada pula prosa yang hanya monolog dan terdiri atas dialog-dialog” (Juanda,Iintisari sastra Indonesia, 2007:95).
• Dalam suatu kasus tertentu, seumpama adanya pelimpahan hak milik, maka kedua bela pihak harus menciptakan surat kuasa, biar tidak ada problem di kemudian hari ”surat kuasa ialah surat yang menyatakan pengalihan kekuasaan dari seseorang kepada orang lain untuk bertindak atau berhak bertindak atas nama si pemberi kuasa” (Sukamto dkk., Modul Bahasa Indonesia Untuk SMA/MA 11a, 2011:30).

Cara Membuat Kutipan


1. cara ringkas, yaitu cara menempatkan sumber kutipan dibelakang materi yang dikutip. Sumber kutipan ini ditukiskan diantara tanda kurung dengan menyebutkan nama pengarang, tahun penerbitan, dan halaman yang dikutip.
2. cara langsung, yaitu cara menempatkan sumber kutipan eksklusif dibawah sumber kutipan eksklusif dibawah pernyataan yang dikutip. Antara pernyataan atau teks dalam goresan pena dengan sumber kutipan dipusahkan dengan garis lurus sepanjang garis teks. Jarak garis pemisah dengan teks ialah satu spasi dan jarak garis pemisah dengan sumber kutipan ialah dua spasi, sedangkan garis baris dari kutipan itu sendiri ialah satu spasi.
3. cara menempatkan sumber kutipan di kaki halaman, cara ini lazim dfisebut footnote (catatan kaki) dan cara ini lebih banyak dianut dalam penulisan skripsi. Antara bab teks dengan footnote dipisahkan dengan garis lurus sepanjang dua inci dan jarak baris antara garis pemisah dengan teks ialah satu setengah spasi, sedangkan jarak baris antara garis pemisah atau footnote ialah dua spasi.indensi untuk footnote ibarat indensi alines bsru dalam teks. Jarak baris dalam footnote ialah satu spasi, sedangkan jarak antara footnote satu dengan footnote lain dalam tiap halaman ialah dua spasi.


Sumber :
http://karyailmiahkampus.blogspot.com/search?q=05/pengertian-fungsi-dan-jenis-kutipan/
http://recamardiyanto.blogspot.com/2010/05/contoh-kutipan-langsung-dan-kutipan
http://karyailmiahkampus.blogspot.com/search?q=05/pengertian-fungsi-dan-jenis-kutipan/
http://recamardiyanto.blogspot.com/2010/05/contoh-kutipan-langsung-dan-kutipan


Share on Google Plus

About Raden

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.