Konsep Negara Republik Sebagai Bentuk Negara Yang Cocok Untuk Indonesia

Konsep Negara Republik Sebagai Bentuk Negara Yang Cocok Untuk Indonesia

Yang menjadi latar belakang mengapa negara Indonesia ini berbentuk republik bukan federal alasannya ialah pengertian federal sendiri ialah pemerintahan sentra atau nasional mempunyai otoritas penuh atas semua divisi politik atau unit manajemen di negaranya, namun republik ialah bentuk dari pemerintahan yang negara tersebut dipimpin oleh wakil yang dipilih oleh rakyat. Karena sistem di Indonesia berlandaskan asas demokrasi yang lebih cocok diterapkan sesuai dengan dasar negara sehingga republik dipakai sebagai bentuk pemerintahan. Mohammad Yamin, salah satu pendiri negara kita beranggapan bahwa ada lima alasan mengapa Indonesia harus berbentuk republik. Yang pertama unitarisme sudah merupakan impian gerakan kemerdekaan selama ini. Yang kedua semoga tidak memberi tempat hidup bagi provinsialisme. Yang ketiga tenaga-tenaga terpelajar kebanyakan ada di Jawa sehingga tidak ada tenaga di kawasan lain untuk membentuk negara federal. Yang keempat wilayah-wilayah di Indonesia potensi dan kekayaannya tidak sama satu sama lainnya. Yang kelima, dari sudut geopolitik, dunia internasional akan melihat Indonesia berpengaruh apabila sebagai Negara Kesatuan (Anom, 2001). 


Faktor pendukung pendukung bentuk negara Indonesia ialah republik bukan federal ialah alasannya ialah negara republik mempunyai sifat independen yang berarti memerintah negaranya sendiri, bukan negara yang dikomando atau negara persemakmuran. Negara federal membutuhkan pemerintahan yang kuat, masyarakat yang homogen, dimana hal ini sangat bertolak belakang dengan indonesia yang sangat plural. Sebagai negara yang berbentuk republik, Indonesia mempunyai hak untuk memilih nasibnya sendiri. Itulah alasan mengapa negara Indonesia berbentuk republik, bukan federal. Jika Republik Indonesia diubah menjadi federasi, maka Undang-Undang Dasar pun juga harus diubah. Lalu apabila dikembangkan menjadi negara federasi, heterogenitas yang ada pada Indonesia justru akan menjadi penghambat. Sedangkan negara federalis condong pada homogenitas, sehingga apabila diterapkan di Indonesia akan mengakibatkan disintegrasi alasannya ialah negara Indonesia yang plural (Safroedin, 1995). Dan federalisme ialah sistem pemerintahan yang menyatukan negara-negara cuilan yang memakai otonomi kawasan untuk mengatur jalannya pemerintahan.

Sejarah Indonesia yang dimulai dari  pergerakan nasional serta keikut sertaan mahasiswa Indonesia yang telah menuntaskan studi di Belanda dan menjadi aggota organisasi pra kemerdekaan. Untuk mewujudkan hal tersebut dimulai dari mendirikan organisasi–organisasi yang bertujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme di antara masyarakat Indonesia. Misalnya saja Budi Utomo dan Indische Partij, namun tentu saja mendapat kontradiksi dari pihak Belanda alasannya ialah dianggap terlalu radikal. Kaum muda berkeinginan untuk membentuk kesadaran “nasional” mereka sebagai bumiputra Hindia, dan bergerak bersama bangsa–bangsa lain dalam garis waktu yang tak terhingga menuju modernitas (Siraishi 1990, 41).

Setelah melalui perdebatan yang panjang, balasannya ditetapkan bahwa negara Indonesia sangat cocok menganut sistem Republik. Republik dipilih alasannya ialah sanggup mempersatukan Indonesia yang notabene merupakan negara yang heterogen, terdiri dari banyak sekali macam latar belakang yang berbeda–beda. Selain itu dalam Undang-Undang Dasar 1945 juga dituliskan bahwa negara Indonesia ialah negara yang berbentuk Republik. Negara berbentuk Republik dianggap paling cocok untuk Indonesia, dilihat dari semua aspek kehidupannya. Secara sosial dan politik, Indonesia berada dalam keadaan yang tidak baik kalau ada perkembangan tersebut. Kembali ke sejarah masa kelam Indonesia, penggunaan sistem federal dianggap sebagai alat pengawasan Belanda dan merupakan halangan bagi tercapainya kemerdekaan Indonesia yang selama ini direnggut oleh Belanda. Juga adanya keinginan Belanda yang berpengaruh untuk mempertahankan imbas dan kekuasaannnya di Indonesia yang menimbulkan negara Indonesia sempat menjadi negara yang federal. Ide negara federal muncul dari ambisi politik orang-orang Belanda yang takut negerinya tidak lagi mempunyai tugas di Asia. Oleh alasannya ialah itulah mengapa Belanda memperkenalkan wangsit pembentukan negara federal kepada masyarakat Indonesia. Negara federasi juga membutuhkan masyarakat yang homogen dimana masyarakatnya mempunyai etnis yang mayoritas sehingga sulit diterapkan di Indonesia yang mempunyai masyarakat yang heterogen (Elson, 2008).
Namun kenyataannya penerapan bentuk negara kesatuan republik tidak sanggup berjalan lancar sesuai yang diperlukan oleh pemimpin negara ini. Pada awal masa kemerdekaan Belanda rupanya belum bisa merelakan Indonesia merdeka. Berbagai cara dilakukan oleh Belanda untuk merebut Indonesia kembali melalui agresi-agresinya sampai perjanjian-perjanjian yang dilakukannya dengan Indonesia. Perjanjian-perjanjian yang dilakukan oleh Belanda cenderung menyimpan niatan untuk mengubah Indonesia menjadi negara federal sehingga akan lebih gampang untuk dipecah-belah dan Belanda bisa mendapat kawasan jajahannya kembali. Keinginan Belanda kemudian terwujud dengan dilakukannya Konferensi Meja Bundar (1949) Salah satu hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB) yang tidak sanggup dilupakan dalam sejarah ketatanegaraan Republik Indonesia ialah bahwa Belanda mengakui Negara Indonesia berbentuk serikat. Hasil persetujuan dan kesepakatan dalam KMB ialah dibentuknya satu negara federal di Indonesia (Elson, 2008: 205). Di dalam lingkungan negara-negara buatan Belanda pun terdapat gerakan republiken yang berpengaruh yang berhasrat menegakkan kembali NKRI (Siraishi, 1990: 15). Hal ini tampak dari lahirnya banyak pergolakan di banyak sekali negara cuilan dan perjuangan pembebasan diri dari Republik Indonesia Serikat bentukan Belanda. Sehingga balasannya pada peringatan kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1950 negara-negara cuilan dari RIS, kembali bergabung dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia kecuali Irian Barat.

Kesimpulan dan opini :
    Dengan pluralitas Indonesia yang terdiri dari banyak sekali suku bangsa menciptakan sistem pemerintahan Indonesia menuju ke arah republik. Sistem negara yang menganut federasi tidak cocok apabila diterapkan di Indonesia alasannya ialah negara federasi megarah ke arah homogenitas. Berkaca dari pengalaman indonesia yang pernah menciptakan Indonesia menjadi negara federalis yang mengalami masa-masa yang gelap ketika Indonesia menjadi negara serikat, membawa Indonesia  ke kehancuran terbukti dari adanya pepecahan dan balasannya kembali lagi kearah republik. Penulis berpendapat bahwa untuk menciptakan Indonesia bangun dari keterpurukan dan menjaga semoga Indonesia tetap eksis, bentuk republik dipilih sesuai dengan citra jati diri bangsa Indonesia. Terbukti sampai ketika ini eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia masih tetap ada di tengah berkecambuknya permasalahan yang kompleks.
konsep negara indonesia konsep negara indonesia pdf konsep negara indonesia raya konsep negara indonesia yang ideal konsep negara indonesia ialah konsep negara indonesia berdasarkan pancasila konsep kewarganegaraan negara indonesia konsep negara kesejahteraan indonesia konsep pertahanan negara indonesia peta konsep negara indonesia konsep negara indonesia berdasarkan uud 1945 konsep manajemen negara di indonesia konsep negara aturan indonesia ialah konsep negara aturan berdasarkan para andal indonesia konsep negara aturan yang di anut indonesia konsep sistem manajemen negara indonesia menganalisis konsep indonesia ialah negara aturan konsep dasar sistem manajemen negara indonesia indonesia menganut konsep negara aturan apa apa konsep dasar negara indonesia konsep warga negara indonesia yang baik konsep berdirinya negara indonesia laba konsep negara kepulauan bagi indonesia konsep negara bangsa di indonesia konsep wilayah negara berdasarkan bangsa indonesia konsep bela negara di indonesia konsep dan bentuk pemerintahan negara indonesia konsep negara bangsa indonesia konsep negara dan bangsa indonesia konsep bentuk negara indonesia konsep negara demokrasi indonesia konsep negara aturan di indonesia berdasarkan jimly konsep negara kesatuan yang dianut indonesia konsep negara aturan yang dianut di indonesia konsep negara aturan yg diterapkan di indonesia hubungan negara indonesia dengan konsep masyarakat madani konsep negara di indonesia konsep negara federal indonesia konsep negara federal di indonesia konsep geopolitik negara indonesia negara indonesia sesuai konsep geopolitik kelebihan negara indonesia dalam konsep geopolitik konsep geopolitik indonesia dengan negara lain konsep negara aturan indonesia pasca reformasi pengertian konsep negara aturan indonesia konsep hakikat negara indonesia konsep dan hakikat negara indonesia konsep negara aturan indonesia konsep negara aturan indonesia pdf konsep negara aturan indonesia berdasarkan uud 1945 makalah konsep negara aturan indonesia konsep negara islam indonesia konsep ideologi negara indonesia konsep dasar negara indonesia berdasarkan ir soekarno konsep negara islam di indonesia konsep pemerintahan di negara indonesia ketika ini konsep kepemerintahan di negara indonesia ketika ini konsep dasar fatwa ideologi negara indonesia konsep dasar negara indonesia dalam piagam jakarta jelaskan konsep ketahanan negara indonesia konsep dasar negara indonesia berdasarkan piagam jakarta jelaskan konsep negara aturan indonesia konsep kekuasaan negara indonesia konsep koperasi negara indonesia peta konsep terbentuknya negara kebangsaan indonesia konsep indonesia sebagai negara kepulauan indonesia menganut konsep negara kesejahteraan konsep negara kesatuan republik indonesia pdf indonesia memakai konsep negara kesatuan peta konsep forum negara indonesia konsep lokasi negara indonesia makalah konsep negara indonesia konsep negara laut indonesia konsep dasar negara indonesia merdeka konsep negara indonesia ialah negara aturan konsep negara kesatuan negara indonesia konsep negara bangsa indonesia sebagai negara bangsa konsep politik negara indonesia konsep pemerintahan negara indonesia konsep negara integralistik berdasarkan sudut pandang indonesia konsep sistem pemerintahan negara indonesia konsep pembagian kekuasaan negara republik indonesia konsep negara dan negara kesatuan republik indonesia peta konsep negara kesatuan republik indonesia konsep negara republik indonesia konsep negara kesatuan republik indonesia konsep negara kesatuan republik indonesia berdasarkan uud 1945 konsep sistem manajemen negara republik indonesia konsep dasar negara indonesia soepomo konsep indonesia sebagai negara aturan konsep indonesia sebagai negara laut konsep sistem negara aturan di indonesia konsep tujuan negara indonesia konsep terbentuknya negara indonesia konsep dasar wacana negara indonesia makalah wacana konsep negara indonesia konsep warga negara indonesia konsep dasar warga negara indonesia makalah konsep warga negara indonesia konsep hak warga negara indonesia konsep wilayah kedaulatan negara indonesia konsep dasar negara indonesia yang diajukan muh yamin konsep negara aturan yang dianut indonesia indonesia menganut konsep negara kepulauan yang berciri konsep negara yang dianut indonesia konsep yuridis negara aturan indonesia 3 konsep dasar negara indonesia
Share on Google Plus

About Raden

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.