Daftar Pustaka

Pengertian Daftar Pustaka

Definisi Daftar Pustaka berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yakni daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit, dsb yang ditempatkan pada bab selesai suatu karangan atau buku dan disusun berdasarkan abjad. Daftar sendiri didefinisikan sebagai catatan sejumlah nama atau hal yang disusun berderet dari atas ke bawah.

Fungsi Daftar Pustaka Dari daftar pustaka banyak hal yang sanggup kita peroleh, antara lain :

1. Memberikan informasi bahwa pernyataan yang dibentuk bukan hasil pedoman sendiri.

2. Apabila pembaca menginginkan mendalami lebih jauh pernyataan yang dikutip, sanggup membaca sendiri rujukan yang menjadi sumber kutipan.

3. Memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap penulis buku yang telah membantu kita dalam penulisan karya tulis yang kita selesaikan.

4. Menjaga profesionalitas penulis terhadap karya tulis yang telah beliau buat.

Unsur-unsur Daftar Pustaka Hal yang perlu diketahui dalam penulisan daftar pustaka, yaitu :

1. Nama pengarang, yang dikutip secara lengkap.

2. Nama penulis dan nama keluarga (jika ada).

3. Ditempatkannya didepan nama kecil.

4. Judul buku, termasuk judul tambahannya.

5. Data publikasi, nama penerbit, daerah terbit, tahun terbit, edisi buku tersebut.

Cara Penulisan Daftar Pustaka Adapun beberapa ketentuan serta hukum cara Penulisan Daftar Pustaka yang baik dan benar yaitu :

1. Bagi penulis yang memakai marga/keluarga , nama marga/keluarganya ditulis terlebih dahulu, sedangkan untuk penulis yang tidak memakai nama marga / keluarga , diawali dengan penulisan nama selesai / belakang kecuali nama Cina.

2. Gelar kesarjanaan penulis tidak perlu dicantumkan dalam daftar pustaka.

3. Judul buku dicetak miring atau digarisbawahi pada setiap kata, jadi tidak dibentuk garis bawah yang bersambung sepanjang judul.

4. Baris pertama diketik mulai ketukan pertama sedangkan baris kedua dan seterusnya diketik mulai ketukan ke-7.

5. Jarak antara baris satu dengan baris berikutnya satu spasi.

6. Jarak antara sumber satu dengan sumber berikutnya dua spasi.

Sedangkan untuk cara penulisan daftar pustaka dan teknik penulisan daftar pustaka dibedakan berdasarkan sumbernya yaitu sumber dari jurnal , buku, internet, peraturan pemerintah , perundang-undangan, makalah, karya tulis serta surat kabar / koran.

Jenis-jenis Daftar Pustaka

1. Kelompok Textbook


2. Kelompok Jurnal

3. Kelompok disertasi / tesis

4. Kelompok makalah / informasi dari Internet

Penyusunan Daftar Pustaka

1. Nama dan Tahun (Name and Year System). Daftar pustaka disusun secara aksara berdasarkan nama selesai penulis dan tidak dinomori. Penunjukan pada naskah dengan nama selesai penulis diikuti tahun penerbitan.

2. Kombinasi Abjad dan Nomor (Alphabet-Number System). Pada sistem ini cara penunjukannya dalam naskah yakni dengan menunjukkan nomor sesuai dengan nomor pada daftar pustaka yang disusun sesuai abjad.

3. Sistem Nomor (Citation Number System). Kutipan pada naskah diberi nomor berurutan dan susunan daftar pustaka mengikuti urutan ibarat tercantum pada naskah dan tidak berdasarkan abjad.

Beberapa Cara Penulisan Jenis-jenis Daftar Pustaka

Cara Penulisan Daftar Pustaka Textbook

- Buku yang ditulis/dibuat oleh lembaga: Nama lembaga, tahun terbit, judul buku (cetak miring atau garis bawah), edisi dan volume, nama penerbit, daerah penerbit (kota), halaman yang dibaca. - Buku terjemahan: Nama penulis (disusun balik), tahun terbit, judul buku (cetak miring atau garis bawah), penerjemah, nama penerbit, daerah penerbit (kota), halaman yang dibaca.

Cara Penulisan Daftar Pustaka Jurnal dan Disertasi/Tesis

- Kelompok makalah yang dipresentasikan dalam seminar/konferensi/simposium: nama penulis (disusun balik), tahun penyajian, judul makalah, nama lembaga penyajian (cetak miring atau garis bawah), kota, bulan dan tanggal penyajian. - Kelompok disertasi/tesis: Nama penulis (disusun balik), tahun terbit, judul disertasi/tesis (centang miring atau garis bawah), daerah penerbitan (kota), universitas, kata “disertasi” atau “tesis”.

Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

- Kelompok makalah/informasi dari Internet (apabila ada nama penulis): Nama penulis (disusun balik), tahun penyajian, judul makalah / informasi, alamat Internet. - Kelompok makalah/informasi dari Internet (apabila tidak ada nama penulis) nama lembaga yang menulis, tahun penyajian, judul makalah / informasi, alamat Internet.

Metode Havard

Sistem Harvard memakai nama penulis dan tahun publikasi dengan urutan pemunculan berdasarkan nama penulis secara alfabetis. Publikasi dari penulis yang sama dan dalam tahun yang sama ditulis dengan cara menambahkan huruf a, b, atau c dan seterusnya sempurna di belakang tahun publikasi (baik penulisan dalam daftar pustaka maupun sitasi dalam naskah tulisan). Alamat Internet ditulis memakai huruf italic.

Contoh-contoh Daftar Pustaka

1. Buku ditulis satu orang Christensen R.2006. Roadmap to Strategic HR – Turning A Great Idea into A Business Reality. New York : Amacom

2. Buku ditulis dua orang Newman WH and E. Kirby Warren.1977. The Process of Management, Concept, Behaviour and Practice. New Delhi : Prentice Hall of India Private Ltd.

3. Buku ditulis lebih dari dua orang Ghiselli E. et al 1981. Measurement Theory for The Behavioral Sciences. San Francisco : WH. Freeman and Company

4. Pengambilan data dari internet lbarda (2004). Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (IT Governance).From http://rachdian.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&
Share on Google Plus

About Raden

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.